Dalam sosialisasi Jalur Pantai Selatan (Pansela), Bupati Blitar Rijanto mengajak mengajak seluruh masyarakat Kabupaten Blitar untuk mendukung proses pembangunan Pansela

BERITABLITAR.COM  – Tinggal beberapa bulan lagi pembangunan Jalur Lintas Selatan (JLS) yang saat ini disebut Jalur Pantai Selatan (Pansela) di Kabupaten Blitar bakal dimulai, sekitar Agustus 2019. Bahkan sosialisasi pembangunan jalan Pansela (Lot 7) di Kabupaten Blitar juga sudah dilakukan di Pendopo Ronggo Hadi Negoro, Senin (15/04/2019).

Dalam sosialisasi pembangunan jalan Pansela (Lot 7) di Kabupaten Blitar yang dimulai pukul 09.00 ini dihadiri langsung oleh Bupati Blitar. Turut hadir dalam sosialisasi tersebut pejabat dari Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional VIII Surabaya, Instansi vertikal (ADM Perhutani dan BPN), serta Organisasi Perangkat Daerah (OPD) se-Kabupaten Blitar.

Bupati Blitar, Drs H Rijanto MM mengajak seluruh masyarakat Kabupaten Blitar untuk mendukung proses pembangunan Pansela. Hal ini dilakukan agar seluruh proses pembangunannya bisa berjalan, dimana nantinya sangat bermanfaat untuk kesejahteraan masyarakat. 

“Saya sangat menyambut baik dan positif kegiatan sosialisasi ini, dengan harapan dapat memberikan gambaran dan penjelasan sejauh mana tahapan yang telah dilaksanakan dalam pembangunan jalan Pansela, khususnya yang berada di Kabupaten Blitar ini,” kata Rijanto.

Lebih lanjut Bupati Rijanto menjelaskan, pencanangan pembangunan Pansela sudah dilaksanakan sejak 2014. Bahkan pencanangan itu direspon dengan sangat baik dan cepat oleh masyarakat serta Pemerintah Daerah. Menurutnya, permaslaahan tanah yang biasanya menjadi masalah dalam pembangunan saat ini sudah rampung. 

“Pembebasan lahan, baik lahan milik Perhutani yang luasnya mencapai 80 persen dari luas total yang dibutuhkan pada lot 7, maupun tanah pemajekan yang dimiliki masyarakat telah berhasil kita selesaikan. Termasuk masalah lokasi pembuangan hasil galian tanah, yang volumenya mencapai 2 juta meter kubik juga sudah kita siapkan,” ujar Bupati.

Sementara itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Blitar, Puguh Imam Susasnto mengatakan, sosialisasi ini perlu dilakukan. Pihaknya juga menghadirkan Kepala Desa untuk mengetahui sejauh mana tahapan pembangunan Pansela di Kabupaten Blitar. 

“Pak Bupati sudah berpesan agar semua masyarakat tahu kapan pelaksanaan pembanguna Pansela ini. Jangan sampai nantinya wkatu pembangunan dimulai, ada masyarakat yang masih melakukan aktifitas, misalnya menanam padi. Nah makanya sosialisasi ini penting kita lakukan,” jelas Puguh. 

Puguh menambahkan, panjang jembatan dan jalan Pansela di Kabupaten Blitar mencapai 66,85 kilometer. Namun yang dibangun ditahun ini sepanjang 12,85 kilometer meliputi badan jalan, jalan, dan dua unit jembatan yang saat ini dalam proses lelang.

“Proses lelang hingga teken kontrak dilakukan secara internasional. Kalau berdasarkan surat kontrak, proyek ini akan diselesaikan dalam kurun waktu selama 30 bulan. Beberapa waktu lalu juga sudah ada kontraktor asing yang meninjau lokasi,” pungkas Puguh Imam Susanto. (Fajar AT/hms)

Beberapa Gedung Dikawasan Pendopo RHN Diresmikan Bupati Blitar
Baru 10 SPBU di Blitar Lakukan Uji Tera Alat Ukur
ads by Google

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.