Bupati Blitar, Drs H Rijanto MM meresmikan beberapa gedung di komplek Pendopo RHN, diantaranya gedung PKK, gedung Dharma Wanita Persatuan, Guest House, serta Gazebo Pendopo RHN.

BERITABLITAR.COM – Bupati Blitar, Drs H Rijanto MM, Senin (15/4/2019) meresmikan beberapa gedung di kawasan Pendopo Ronggo Hadi Negoro (RHN) yang dibangu pada 2017 dan 2018 lalu. Beberapa gedung yang diresmikan diantaranya, gedung PKK, gedung Dharma Wanita Persatuan, Guest House, serta Gazebo Pendopo RHN. Peresmian sendiri ditandai dengan penandatanganan batu prasasti oleh Bupati Blitar.

Selama ini tim penggerak PKK dan Dharma Wanita Persatuan selalu bersinergi dengan Pemerintah Kabupaten Blitar guna mendukung program yang digulirkan oleh Pemerintah.

“ Kemitraan tim penggerak PKK dan Dharma Wanita Persatuan di Pemerintah Kabupaten Blitar sangat penting,” kata Bupati Blitar, Drs H Rijanto MM saat ditemui usai melakukan peresmian.

Bupati menambahkan,  banyak prestasi yang dihasilkan oleh PKK dan Dharma Wanita Persatuan, baik tingkat Provinsi maupun Nasional. Diantaranya pada tahun 2018 berhasil juara I tingkat Provinsi Jawa Timur dan juara I tingkat nasional asman toga yang diraih oleh asman toga Desa Genengan Kecamatan Doko, juara I tingkat nasional 10 program pokok PKK bidang IVA diraih Kecamatan Selorejo, serta juara I tingkat Provinsi Jawa Timur 10 program pokok PKK yang dieraih Kecamatan Selorejo.

“Untuk tahun 2019 ini, juga sudah berhasil meraih juara I tingkat provinsi Jawa Timur dalam lomba kesatuan gerak PKK KB kesehatan yang diraih desa Mronjo Kecamatan Selopuro,” tandas Bupati.

Dengan selesainya pembangunan gedung PKK dan gedung Dharma Wanita Persatuan ini, lanjut Bupati, diharapkan bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya.

“Diharapkan gedung ini dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya, sehingga kegiatan dan peran serta ibu-ibu di Kabupaten Blitar akan semakin meningkat guna mendukung program Pemkab Blitar,” ujarnya.

Bupai Blitar menjelaskan, Pendopo Ronggo Hadi Negoro merupakan salah satu bukti sejarah dari Keberadaan Pemerintah Kabupaten Blitar. Mengingat kondisi sebagian bangunan yang sudah tidak layak untuk mengikuti perkembangan, dan sesuai kebutuhan kedinasan maupun masyarakat, maka pada tahun 2017 dan 2018 beberapa bagian dari pendopo telah direnovasi. Diantaranya sisi sebelah barat digunakan guest house sebagai tempat istirahat tamu pemerintah, disisi sebelah utara dibangun gazebo untuk kegiatan keagamaan maupun kesenian.

“Untuk mengakomodir kepentingan masyarakat, maka pendopo RHN dibuka untuk umum pada Sabtu dan Minggu agar masyarakat terutama anak-anak mengetahui dan melihat langsung salah satu bukti sejarah yang ada di Kabupaten Blitar, sekaligus dapat digunakan sebagai wisata edukasi dan sejarah,” jelas orang nomor satu di Kabupaten Blitar ini.

Sementara itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, Puguh Imam Susanto mengatakan, maksud dan tujuan pembanguan tersebut, selain untuk memberikan tempat yang representatif dan nyaman bagi ibu-ibu PKK dan Dharma Wanita Persatuan dalam melaksanakan kegiatan, juga untuk mewujudkan tata ruang yang asri dan memadai dilingkungan Pendopo Ronggo Hadi Negoro.

“Pembangunan  dan rehab gedung PKK dilaksanakan tahun 2017 dengan anggaran sekitar Rp 1,1 miliar, gazebo Pendopo RHN juga dilaksanakan tahun 2017 dengan anggaran sekitar Rp 900 juta, rehab gedung Dharwa Wanita Persatuan dilakukan tahun 2018 dengan anggaran sekitar Rp 188 juta, dan terakhir rehab guest house dilakukan tahun 2018 dengan anggaran sekitar Rp 193 juta,” papar Puguh Imam Susanto. (Fajar AT/hms)

Plt. Wali Kota Blitar, Santoso Launching Aplikasi Smart City dan Data Center
Bupati Blitar Ajak Masyarakat Dukung Proses Pembangunan Pansela
ads by Google

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.