Sekertaris Disperindag Kabupaten Blitar, Sri Astuti

BERITABLITAR.COM – Mulai tahun ini (2019) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blitar sudah resmi bisa melakukan uji tera secara mandiri. Sehingga tak perlu bergabung dengan daerah lain. Untuk itu diharapkan pelaksanaan uji tera bisa dilakukan secara maksimal. 

Berdasarkan catatan dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Blitar, pada triwulan pertama 2019 ada 10 SPBU yang sudah melakukan uji tera alat ukur. Meski demikian, dipastikan masih banyak SPBU yang ada di Kabupaten Blitar belum melakukan uji tera alat ukur tersebut.

Sekertaris Disperindag Kabupaten Blitar, Sri Astuti mengatakan, pihaknya sudah melakukan uji tera di 10 SPBU, dimana masing-masing SPBU memiliki 2 – 3 nozzle. Itu berarti sudah ada belasan nozzle yang di lakukan uji tera. Dijelaskannya, bahwa kegiatan ukur ulang tersebut dilakukan tim ahli dari Bidang Unit Meterologi Disperindag Kabupaten Blitar.

“Kegiatan ukur ulang ini tentunya dilakukan oleh tim ahli kita. Ini dilakukan guna melindungi konsumen dari kecurangan pada alat ukur SPBU,” kata Sri Astuti.

Menurut Sri Astuti, jika dijumlah total secara keseluruhan di Kabupaten Blitar ada puluhan SPBU dan ratusan nozzle, sehingga dalam pelaksanaan uji tera pihaknya melakukan secara bertahap. Pihaknya menargetkan sebelum akhir tahun ini seluruh SPBU di Kabupaten Blitar sudah melakukan uji tera.

“Kita tahu wilayah Kabupaten Blitar kan luas, ada 22 kecamatan dan 248 desa/ kelurahan. Tentunya ada puluhan SPBU dan ratusan nozzle. Tapi kita target akhir tahun pengukuran sudah tuntas,” ujarnya.

Sri Astuti menambahkan, selain nozzle di SPBU pihaknya juga melakukan uji tera di jembatan, serta alat ukur kecil yang lainnya. Disperindag sudah menyediakan laboratorarium di kantor untuk melakukan uji tera ukuran kecil. (Fajar AT)

Bupati Blitar Ajak Masyarakat Dukung Proses Pembangunan Pansela
DPRD Kabupaten Blitar Tetapkan Tiga Perda
ads by Google

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.