Ketua DPRD Kabupaten Blitar Suwito Saren Satoto menandatangani tiga Perda yang telah ditetapkan dalam Rapat Paripurna

BERITABLITAR.COM – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Blitar telah menetapkan tiga Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) menjadi Perda dalam Rapat Paripurna, Jumat (12/04/2019). Tiga Perda itu diantaranya tentang Kawasan Tanpa Rokok (KTR), Fasilitasi Pelayaan Jamaah Haji, dan Penanggulangan Bencana.

Rapat Paripurna tersebut, diawali dengan penyampaian masing-masing pansus pembahas Raperda. Kemudian dilakukan persetujuan dan penetapan Perda yang ditandai dengan penandatanganan antara Bupati Blitar dengan pimpinan DPRD Kabupaten Blitar. Rapat Paripurna sendiri dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Kabupaten Blitar, Suwito Saren Satoto.

Suwito mengatakan, pembahasan Perda KTR dilakukan oleh pansus VII, kemudian Perda Penetapan Fasilitasi Pelayanan Jemaah Haji oleh pansus VIII, dan terakhir Perda Penetapan Penanggulangan Bencana oleh pansus IX. Tiga Perda itu merupakan usulan eksekutif.

“Pembahasan Raperda ini sudah kita lakukan sejak lama. Sesuai mekanisme sudah kita jalankan, akhirnya melalui jadwal Badan Musyawarah, tiga Raperda ini bisa ditetapkan menjadi Perda hari ini,” kata Suwito  Sareb usai Rapat Paripurna.

Lebih lanjut Suwito menuturkan, selanjutnya tiga Perda ini akan dikirim ke Provinsi Jawa Timur untuk mendapatkan nomor register. Baru setelah itu bisa diundangkan. Sementara penerapannya, lebih detail akan dibuatkan Peraturan Bupati (Perbup).

“Kita berharap dengan adanya tiga Perda yang baru saja ditetapkan, bisa menjadi payung hukum pagi penegak Perda dalam rangka mengayomi masyarakat,” tandasnya.

Penetapan tiga Perda tersebut berdasarkan surat dari Gubernur Jawa Timur nomor 188/23964/013.4/2018 tanggal 31 Desember 2018 perihal hasil fasilitasi 3 Raperda tersebut.

Sementara itu, Bupati Blitar, Drs H Rijanto MM mengatakan, pihaknya segera mengirimkan tiga Perda ini agar segera mendapat nomor register dari Provinsi Jatim.

“Kita ucapkan terimakasih kepada pansus DPRD yang sudah menyelesaikan pembahasannya. Semoga Perda yang telah ditetapkan memberikan manfaat bagi masyarakat,” kata Bupati Blitar. (Fajar AT)

Baru 10 SPBU di Blitar Lakukan Uji Tera Alat Ukur
Bupati Blitar Tinjau Lokasi Pembangunan JLS Di Perbatasan Blitar - Malang
ads by Google

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.