Bupati Blitar, Rijanto memimpin langsung apel siaga/ gelar pasukan Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) dan penyerahan bantuan perkuatan Satlinmas dalam rangka Pemilihan Legislatif maupun Pemilihan Calon Presidan dan Wakil Presiden tahun 2019

BERITABLITAR.COM – Menjelang pelaksanaan Pemilu 2019 baik Pemilihan Legislatif maupun Pemilihan Calon Presidan dan Wakil Presiden, Pemerintah Kabupaten Blitar terus melakukan persiapan pengamanan. Satu diantaranya yang dilakukan yaitu apel siaga/ gelar pasukan Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) dan penyerahan bantuan perkuatan Satlinmas, Jumat (05/04/2019).

Apel yang dimulai pukul 07.30 ini digelar di alon-alon Kanigoro dan dipimpin langsung oleh Bupati Blitar, Drs H Rijanto MM.

Bupati Blitar, Drs H Rijanto MM dalam sambutannya memberikan apresiasi kepada peserta apel siaga/ gelar pasukan untuk melaksanakan tugas dalam rangka menyelenggarakan kegiatan apel siaga guna menciptakan keamanan dan ketertiban masyarakat dalam Pemilu 2019. Menurut Bupati, petugas Satlinmas dalam membantu pengamanan di PPK, PPS, dan TPS pada Pemilu 2019 sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

“Mari kita bersama-sama menciptakan situasi dan kondisi yang kondusif dengan meningkatkan kewaspadaan dan antisipasi dini terhadap setiap potensi yang dapat mengganggu situasi sosial politik serta keamanan dan ketertiban masyarakat, sejak masa persiapan sampai pasca Pemilu 2019 nanti,” kata Rijanto.

Lebih lanjut Bupati Blitar menyampaikan, selain itu, petugas keamanan juga harus meningkatkan tindakan deteksi dini dan cegah dini terhadap segala yang timbul dalam masyarakat agar tidak sampai berkembamg menjadi konflik secara terbuka.

Bupati juga menandaskan, bahwa untuk kesatuan gerak dalam menciptakan situasi dan kondisi keamanan wilayah yang kondusif, seluruh kekuatan Satlinmas berada dibawah kendali operasi (BKO) kepolisian Resort Blitar dan Resort Blitar Kota.

“Meskipun kita tahu bersama situasi beberapa hari terakhir diwarnai dengan kejadian berpotensi bisa mengganggu keamanan dan ketertiban masyarakat, namun alhamdulillah tidak berpengaruh buruk terhadap situasi dan kondisi masyarakat di Kabupaten Blitar. Tentu hal ini berkat kesuapsiagaan seluruh elemen masyarakat dalam menjaga keamanan dan ketertiban,” tandasnya.

Orang nomor satu di Kabupaten Blitar ini menambahkan, adapun jumlah kekuatan seluruh personil Satlinmas yang akan dikerahkan pada Pemilu 2019 yang bertugas di 248 desa/ kelurahan yang berada di 22 kecamatan sebanyak 10.966 personil.

“Di wilayah hukum Polres Kota ada 6 wilayah kecamatan terdiri dari 77 desa/ kelurahan, 1.520 TPS dengan kekuatan sebanyak 3.485 personil Linmas. Sementara diwilayah hukum Polres Blitar ada 16 kecamatan terdiri dari 171 desa/ kelurahan, 3.233 TPS dengan kekuatan 7.481 personil Linmas. Secara keseluruhan jumlah Linmas yang dikerahkan 10.966 personil,” paparnya.

Sementara itu, Kepala Satpol PP Kabupaten Blitar, Suyanto mengatakan, dalam rangka pengamanan Pemilu 2019,  petugas Linmas diserahkan ke Polres, baik Kota maupun Kabupaten. Menurut Suyanto, peran Linmas dalam pengamanan juga sangat penting.

“Sesuai penataan kami, di masing-masing TPS ada 2 Linmas, didesa 10, dan di Kecamatan ada 20, dan di Kabupaten ada 50. Nah kemudian namti personil Linmas dibawah kendali Polres Kabupaten/ Kota,” tujar Suyanto. (Fajar AT/hms)

Dialog Forum Anak Kabupaten Blitar Bersama Bupati Blitar
Bupati Blitar Monitoring Pelaksanaan UNBK di SMA Negeri 1 Sutojayan
ads by Google

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.