Kepala Bidang Pembangunan Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Blitar, Anik Nursiamah

BERITABLITAR.COM – Ada 60 pasar desa yang tersebar di 22 kecamatan di Kabupaten Blitar. Hal ini berdasarkan data di Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Blitar sejak akhir 2017. Namun keberadaan pasar desa tersebut dinilai belum bisa memberikan pendapatan bagi desa secara maksimal.

Selama ini belum semua pasar desa bisa menyumbang pendapatan untuk desa secara signifikan. Karena pengelolaan disetiap pasar desa masih belum tertata dengan baik.

“Kita akui memang keberadaan pasar desa belum bisa menyumbang pendapatan bagi desa secara maksimal. Karena penataannya kurang maksimal, seperti pengelolaan administrasi dan lain-lain,” kata Kepala Bidang Pembangunan Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Blitar, Anik Nursiamah, Rabu (20/03/2019).

Lebih lanjut Anik menuturkan, kontribusi yang diberikan masing-masing pasar desa untuk meningkatkan pendapatan bagi desa masih sangat minim. Sehingga setiap pasar desa perlu diberikan pembinaan dan pendampingan secara berkala, agar kedepan pengelolaan lebih tertata dengan baik.

“Kami akan terus memberikan pembinaan. Sehingga peran pasar desa, nantinya bisa menyumbang pendapatan bagi desa dengan maksimal,” ujar Anik.

Anik menambahkan, meski demikian, ada beberapa pasar desa yang sudah bisa memberikan kontribusi maksimal dalam hal menyumbang pendapatan. Hal itu terlihat dari keberhasilan pasar desa tersebut meraih prestasi dengan mengikuti lomba tingkat Kabupaten dan Provinsi Jawa Timur. (Fajar AT)

Imigrasi Kelas II Blitar Deportasi Satu Keluarga Asal Bangladesh
Bupati Blitar Buka Musrenbang, 4 Pembangunan Jadi Prioritas
ads by Google

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.