Plt Wali Kota Blitar, Santoso

BERITABLITAR.COM – Pembangunan fiber optic yang ditargetkan Pemerintah Kota (Pemkot) Blitar untuk bisa dimulai di triwulan pertama 2019 ini, tidak bisa terealisasi. Namun demikian Pemkot telah menargetkan pembangunan bisa dimulai pada bulan depan (April 2019).

Plt Wali Kota Blitar, Santoso mengtakan, sesuai dengan penjelasan dari Kepala Dinas Kominfo Kota Blitar, pembangunan fiber optic bakal dilaksanakan pada April 2019 mendatang. Karena saat ini proses menuju pembangunan sudah pada tahap pelaksanaan tender dan tinggal pelaksanaan.

“Kita sudah panggil Dinas Kominfo untuk menjelaskannya. Memang kita akui molor dari target semula, tapi bulan depan pasti akan mulai dibangun,” kata Santoso, Selasa (19/2019).

Lebih lanjut Santoso menyampaikan, pembangunan fiber optic di Kota Blitar sebelumnya sudah direncanakan dibangun pada 2018 lalu. Namun rencana iti gagal dan rencananya akan dilaksanakan 2019 ini. Sementara anggaran pembangunan fiber optic sendiri sekitar Rp 10 miliar. Sesuai rencana, ada 131 titik fiber optic yang dibangun di Kota Blitar.

“Fiber optic ini berfungsi untuk memperlancar jaringan informasi dan teknologi di Kota Blitar. Apalagi kan saat ini pemerintah pusat menerapkan program sistem pemerintahan berbasis elektronik (SPBE). Jadi kita harus mempersiapkan infrastruktur untuk mendukung program itu,” jelasnya.

Mantan Sekda Kota Blitar ini menambahkan, saat ini pembangunan jaringan fiber optic sangat dibutuhkan. Selain untuk mengintegrasikan sistem pelayanan di masing-masing OPD, jaringan fiber optic juga bisa memaksimalkan fungsi fasilitas umum.

“Dengan jaringan fiber optic, nantinya kinerja fasilitas kamera CCTV yang dipasang di traffic light dan sejumlah titik keramaian bisa lebih maksimal,” pungkasnya. (Fajar AT)

Dikubur Selama 31 Tahun, Jenazah Kiai di Blitar Masih Utuh
Tiga Pemuda Asal Kediri Ditangkap Polisi di Blitar, Diduga Gelapkan Mobil Rental
ads by Google

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.