Bupati Blitar, Rijanto beserta dengan pejabat yang ada di Kabupaten Blitar melakukan pembayaran pajak secara langsung dalam kegiatan bulan panutan pembayaran PBB P2

BERITABLITAR.COM – Pemerintah Kabupaten Blitar melalui Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) menggelar bulan pembayaran pajak bumi dan bangunan perdesaan dan perkotaan (PBB P2) dan pajak daerah lainnya tahun pajak 2019, serta penyampaian Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) tahunan tahun pajak 2018, Selasa (12/03/2019).

Kegiatan yang digelar di Pendopo Sasana Adi Praja Kanigoro ini dihadiri langsung oleh Bupati Blitar, OPD, Camat, serta Kepala Desa se-Kabupaten Blitar. Kegiatan diawali dengan laporan Bapenda Kabupaten Blitar dan pemberian apresiasi oleh Bupati Blitar kepada desa berprestasi yang mampu melunasi pajak sebelum masa jatuh tempo.

Bupati Blitar, Rijanto dalam sambutannya mengatakan, kegiatan ini rutin digelar setiap tahun. Dengan cara seperti ini, kesadaran masyarakat untuk membayar PBB semakin bagus.

“Diharapankan digelarnya kegiatan ini, pendapatan daerah semakin meningkat sehingga pembangunan juga semakin lancer,” kata Rijanto.

Bupati Blitar menyebut, peran Kepala Desa, BPD, maupun LPMD sangat tinggi. Kepala desa harus melibatkan semua pihak, termasuk masyarakat. Pada intinya yang penting transparan dan terbuka.

“Kita minta camat, kepala desa dan kepala kelurahan selaku ujung tombak penanganan PBB P2 agar dapat memberikan kerja nyata, keteladanan, dan memberikan motivasi kesadaran masyarakat dalam membayar pajak,” jelasnya.

Lebih lanjut Bupati Blitar menuturkan, selain itu kegiatan bulan panutan pajak ini juga sebagai sarana bagi wajib pajak potensional, tokoh masyarakat, pejabat masyarakat, serta publik figur dalam memberikan contoh dan teladan yang baik kepada masyarakat lainnya dalam membayar pajak dan melaporkan Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) tahunan. Sehingga dari keteladanan yang diberikan dapat diikuti masyarakat.

“Dalam pengelolaan pajak daerah, dalam 5 tahun terakhir ini kita selalu meningkatkan target penerimanya. Berkat kerjasama dan kesadaran masyarakat dalam membayar pajak, realisasinya selalu mencapai 100 persen lebih dari target yang telah ditetapkan,” tandasnya.

Menurut Bupati, keberhasilan dalam pencapaian pemerimaan tersebut, harus terus dilakukan dengan melakukan langkah-langkah strategis. “Dengan kemudahan dalam pelayanan pajak daerah, dan mengimplementasikan sistem pajak secara online. Selain itu, juga harus ada penyempurnaan data pajak daerah dengan melaksanakan pendataan, pemutakhiran, pemetaan data pajak daerah, serta mengoptimalkan kegiatan penagihan,” paparnya.

Sementara itu, Kepala Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Blitar, Ismuni mengatakan, dalam kegiatan ini Bupati Blitar beserta dengan pejabat yang ada di Kabupaten Blitar melakukan pembayaran pajak secara langsung.

“Ini dilakukan untuk memberikan contoh kepada masyarakat agar segera membayar pajak sebelum masa jatuh tempo, yaitu 30 September 2019. Selain itu, kita juga memberikan apresiasi kepada setiap desa yang berprestasi dan lunas membayar pajak jauh sebelum masa jatuh tempo,” ujar Ismuni. (Fajar AT/hms)

Tim Gabungan Sisir Sungai Brantas Cari Bocah SD Yang Diduga Hanyut
Pemkab Blitar Fasilitasi Koordinasi Parpol dan Steakholder
ads by Google

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.