Kepala Rumah Pemotongan Hewan (RPH) Kota Blitar, Dewi Masitoh

BERITABLITAR.COM – Pemerintah Kota Blitar mengalokasikan anggaran sebesar Rp 750 juta pada Tahun Anggaran 2019. Nantinya anggaran tersebut untuk membangun tempat khusus penyembelihan kambing di Rumah Pemotongan Hewan (RPH). Hal ini dilakukan karena minat masyarakat yang tinggi dalam menyembelih kambing di RPH,

Pelayanan penyembelihan  kambing di RPH sebenarnya sudah dicoba mulai pertengahan 2018, menyusul adanya aturan baru tentang fungsi RPH yang juga melayani penyembelihan kambing dan unggas. Namun, RPH belum memiliki tempat khusus untuk penyembelihan kambing dan masih memanfaatkan ruang yang ada sebagai tempat sementara.

“Kita lihat antusias masyarakat cukup bagus. Selama akhir tahun 2018 saja, ada 35 ekor kambing yang disembelih di RPH. Nah, akhirnya kita berencana membangun tempat khusus penyembelihan kambing tahun ini,” kata Kepala RPH Kota Blitar, Dewi Masitoh, Kamis (28/02/2019).

Lebih lanjut Dewi Masitoh menyampaikan, selain kambing, RPH juga bisa melayani penyembelihan unggas. Pada 2018, tercatat sudah ada 43 ribu ekor unggas yang disembelih di RPH. Bahkan retribusi penyembelihan kambing dan unggas juga relatif murah.

“Untuk retribusi penyembelihan kambing hanya Rp 10 ribu per ekor. Sedangkan untuk unggas Rp 1.000 per ekor,” ujarnya.

Dewi juga menjelaskan, untuk penyembelihan sapi juga tetap jalan. Rata-rata ada enam sampai sembilan ekor sapi yang disembelih di RPH. Sedangkan retribusi untuk penyembelihan sapi sebesar Rp 50.000 per ekor. (Fajar AT)

Sugeng Praptono Kembalikan Formulir Pendaftaran Wawali Dengan Naik Sepeda Ontel
Tiga Daerah di Kabupaten Blitar Alami Kerusakan Jalan Paling Berat
ads by Google

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.