Para wartawan yang tergabung dalam Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) membagikan jus jambu kepada pasien Demam Berdarah Dengue (DBD) yang dirawat di rumah sakit

BERITABLITAR.COM  – Puluhan wartawan di Blitar memiliki cara  yang berbeda untuk memperingati Hari Pers Nasional (HPN) ke 70. Para wartawan yang tergabung dalam Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) tersebut membagikan jus jambu kepada pasien Demam Berdarah Dengue (DBD) yang dirawat di rumah sakit, Rabu (6/2/2019).

Sekretaris PWI Blitar Raya, Arif Juli Prabowo mengatakan, aksi bagi-bagi jus jambu ini dilakukan secara spontan  sebagai bentuk kepedulian terhadap  jumlah kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) yang semakin meningkat baik di Kabupaten maupun Kota Blitar.

“Ini mrupakan aksi spontanitas teman-teman wartawan yang tergabung dalam PWI Blitar Raya untuk membantu pasien demam berdarah yang membutuhkan jus jambu sebagai sarana pengobatan. Jus jambu ini kita buat sendiri dari hasil patungan teman-teman wartawan,” kata Arif Juli Prabowo.

Lebih lanjut Arif menjelaskan, ada sekitar 200 botol jus jambu yang dibagikan di tiga rumah sakit di Kabupaten dan Kota Blitar. Diantaranya di  RSK Budi Rahayu, RSU  Aminah, dan RSUD Nguri Waluyo Wlingi. Tiga rumah sakit ini masing-masing merawat 40 pasien di RSK Budi Rahayu, 50 pasien di RSU Aminah, dan 46 pasien di RSUD Ngudi Waluyo Wlingi.

Sementara Humas RS Budi Rahayu, Anton Y Subandi mengaku, jika keluarga pasien di sini banyak yang mencari jus jambu sebagai pengobatan dan mereka mulai kesulitan mendapatkan stok jus jambu di sejumlah minimarket.

“Kami sangat mengapresiasi aksi sosial teman-teman wartawan ini,” jelas Anton Y Subandi.

Hal senada diungkapkan Plt Direktur RSUD Wlingi Endah Woro Utami. Sama seperti di rumah sakit swasta, di rumah sakit plat merah ini pasien demam berdarah yang rata-rata anak-anak juga memburu jus jambu.

“Kami sangat mengapresiasi kepedulian teman-teman wartawan. Kami yakin hal ini (bagi-bagi jus jambu) juga akan memberikan semangat kepada pasien untuk cepat pulih,” ujar Endah Woro Utami. Hingga saat ini Dinas Kesehatan Kabupaten Blitar mencatat, pasien demam berdarah telah mencapai 279 orang. Korban meninggal bertambah menjadi 5 orang. Sedangkan di wilayah Kota Blitar, jumlah demam berdarah 58 pasien dan demam dengue 188 pasien. (Fajar AT)

Polisi Bekuk Tujuh Pengedar Narkoba
Tak Selesai Tepat Waktu, Kontraktor Proyek Saluran Air di Garum Diblacklist
ads by Google

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.