Para pelaku pengedar pil Dexikof beserta barang buktinya di Mapolres Blitar Kota

BERITABLITAR.COM – Empat orang pengedar obat batuk jenis pil Dexikof, diamankan Satreskoba Polres Blitar Kota. Polisi berhasil mengamankan sebanyak 17.092 butir pil Dexikof dari tangan pelaku, ada yang sudah siap diedarkan dengan dikemas plastik klip, dan ada yang masih dalam kemasan box.

Kasat reskoba Polres Blitar Kota, AKP Huwahilla Wahyu Yuha mengatakan, keempat pengedar obat keras berbahaya tersebut ditangkap saat mengedarkan obat keras di wilayah hukum Polres Blitar Kota di tempat yang berbeda. Para pelaku tersebut yaitu, Indra Setyawan (32), warga Desa Kesamben, Kecamatan Kesamben, Kabupaten Blitar. Heri Praminto, warga Desa Kalirejo, Kecamatan Kalipare, Kabupaten Malang, Didik Sujatmiko (46), warga Desa Kauman Kecamatan Wlingi, dan Saiful Huda (26), warga  Desa Tangkil Kecamatan Wlingi Kabupaten Blitar.

“Penangkapan ini, berawal dari laporan masyarakat terkait maraknya peredaran obat keras berbahaya di wilayah hukum Polres Blitar Kota. Selanjutnya kami melakukan penyelidikan, dan berhasil membekuk empat pelaku”, kata Kasat AKP Huwahilla Wahyu Yuha, Selasa (30/01/2018).

Menurut Huwahilla, Dexikof merupakan obat yang dijual bebas di apotek ataupun toko obat. “Pembelian obat tersebut dibatasi sesuai dengan kebutuhan, dan bukan untuk diedarkan kembali”, jelas Huwahilla.

Berdasarkan keterangan pelaku, lanjut Huwahilla, pil Dexikof tersebut didapat dari Madiun. Per box nya dibeli seharga Rp 60 ribu kemudian dijual kembali Rp 100 ribu. Selanjutnya pil Dexikof tersebut dikemas kembali dalam plastik klip.

“Akibat perbuatanya, keempat pelaku terjerat pasal  36 Undang-Undang Kesehatan RI dengan ancaman hukuman maksimal 12 tahun penjara”, jelasnya.

Sementara menurut pengakuan salah satu pengedar, konsumsi pil Dexikof dalam jumlah tertentu akan menimbulkan efek Fly, sama seperti mengkonsumsi dobel L.

“Mengonsumsi pil ini, efeknya ngefly sama seperti konsumsi dobel L”, tutur salah satu pelaku. (*)

178 Pelajar Pelanggar Lalu Lintas Terjaring Razia Satlatas Polres Blitar, 92 Persen Di Bawah Umur  
Terjunkan 224 Personel untuk Amankan 908 TPS di Pilgub Jatim
ads by Google

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.