Mohammad Zaenal Mahmudi, tersangka pencurian sapi milik Nurkojin, saat diamankan di Mapolres Blitar Kota.

BERITABLITAR.COM – Anggota Polsek Ponggok mengamankan Mohammad Zaenal Mahmudi (29), warga Desa Karanggondang, Kecamatan Udanawu, Kabupaten Blitar, Rabu (24/01/2018). Lantaran Zaenal kedapatan mencuri sapi milik Nurkojin (41), warga Desa Tunjung RT. 02 RW. 03 Kecamatan Udanawu Kabupaten Blitar. Pria yang mengaku pedagang semangka ini ditangkap di Ngunut saat akan menjual sapi curiannya.

Kejadian pencurian tersebut sebenarnya terjadi pada Rabu (24/01/2018) sekitar pukul 02.00. Namun korban baru melapor sekitar pukul 14.30. Kejadian tersebut diketahui saat korban Nurkojin (41), warga Desa Tunjung RT. 02 RW. 03 Kecamatan Udanawu Kabupaten Blitar melapor ke Polsek Udanawu.

“Korban mengaku bahwa telah terjadi pencurian satu ekor sapi miliknya”, kata Kapolres Blitar Kota, AKBP Adewira Siregar kepada wartawan saat pers rilis di Malpores Blitar Kota, Kamis (25/01/2018).

Lebih lanjut Adewira menjelaskan, atas laporan korban, anggota Polsek Udanawu langsung melakukan penyelidikan dengan menyebar informasi kepada para penjual dan jagal sapi. Kemudian sekitar pukul 15.00, anggota Polsek Udanawu memperoleh informasi dari salah satu jagal, bahwa ada warga Udanawu menjual sapi di Ngunut dengan harga murah, dengan ciri-ciri sapi sesuai dengan sapi yang dicuri.

“Anggota Polsek Udanawu mengajak korban ke Ngunut untuk mengenali sapi miliknya yang telah dicuri. Selanjutnya anggota menangkap pelaku dan menyita barang bukti untuk proses penyidikan”, jelasnya.

Kapolres Blitar Kota, AKBP Adewira Siregar menyerahkan sapi secara simbolis kepada pemiliknya, Nurkojin untuk dibawah pulang

Tersangka sebelum melakukan aksinya, sering mengamati TKP. Kemudian pada Rabu (24/01/2018) sekitar pukul 02.00, tersangka masuk ke kandang di dalam pekarangan rumah korban yang tidak berpagar. Tersangka membawa sapi hasil curiannya ke luar kandang dengan cara dituntun ke persawahan Desa Besuki Kecamatan Udanawu.

“Sapi hasil curiannya dibawa pelaku ke Ngunut. Namun belum sampai terjual, tersangka sudah tertangkap petugas”, terang Adewira.

Selanjutnya barang bukti satu ekor sapi yang dicuri tersangka diserahkan Kapolres Blitar Kota, AKBP Adewira Siregar secara simbolis kepada pemiliknya, Nurkojin untuk dibawah pulang.

Sementara terangka Mohammad Zaenal Mahmudi mengaku, setelah berhasil mencuri sapi, dia membawa sapi tersebut ke Ngunut dengan menggunakan pick up untuk ditawarkan kepada pembeli. Tersangka nekat melakukan pencurian, lantaran untuk membayar hutangnya di Bank Danamon sebesar Rp. 15 juta. Bahkan dia juga mengaku sudah melakukan pencurian sapi sebanyak dua kali.

Mohammad Zaenal Mahmudi, tersangka pencurian sapi milik Nurkojin

“Sapinya saya tawarkan Rp. 15 juta, namun oleh pembeli ditawar Rp. 13 juta. Rencananya hasil penjualan sapi akan saya gunakan untuk bayar hutang”, terang Mohammad Zaenal Mahmudi. (*)

Longsor Gandusari, Hancurkan Rumah Warga  
Diduga Tak Berijin, Aktivitas Tambang Batu Koral Dihentikan
ads by Google

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.