Sosialisasi Pemutakhiran Data dan Daftar Pemilih Dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jatim 2018.

BERITABLITAR.COM – KPU Kota Blitar menyelenggarakan sosialisasi pemutakhiran Data dan Daftar Pemilih, di salah satu rumah makan Jalan Kalimantan Kota Blitar, Selasa malam (17/01/2018). Kegiatan dalam rangka pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jatim 2018 tersebut, dihadiri Dinas Dukcapil, Kesbangpol, Kecamatan, Kelurahan, PPK dan PPS se Kota Blitar.

Komisioner KPU, Divisi Perencanaan dan Program Data, Choirul Umam menjelaskan, kegiatan ini digelar berdasarkan PKPU No.1 Tahun 2017 tentang Tahapan Program dan Jadwal penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati dan atau Walikota dan Wakil Walikota  tahun 2018, serta Keputusan KPU Provinsi Jatim No.1/PP.01.3-kpt /35/prov/VIII/2017, tentang Tahapan, Program dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jatim Tahun 2018.

Sesuai jadwal dalam tahapan pemilihan Gubennur dan Wakil Gubernur Jatim 2018, KPU mulai tanggal 20 Januari hingga 18 Februari 2018 akan melaksanakan Pencocokan dan penelitian (Coklit) data pemilih yang akan dilakukan Petugas Pendaftaran Data Pemilih (PPDP) dimasing-masing lingkungan.

“Dalam hal ini kita akan mencatat pemilih yang memenuhi syarat, memperbaiki data jika terdapat kesalahan, mencoret pemilih yang telah meninggal dunia, pindah domisili, alih status TNI/Polri, belum genap 17 tahun dan belum menikah pada hari H, mencoret pemilih yang dipastikan tidak ada keberadaanya, terganggu jiwanya berdasarkan surat keterangan dokter, pemilih yang dicabut hak pilihnya dan bukan merupakan penduduk penyelenggara pemilihan serta mencatat pemilih berkebutuhan khusus,” papar Choirul Umam.

Lebih lanjut Choirul menyampaikan, menambahkan bahwa saat ini di Kota Blitar terdapat daftar pemilih yang memenuhi syarat dan sudah masuk dalam A-KWK  sebanyak 115.524 pemilih.

“Kami berharap agar masyarakat memberikan keterangan yang benar kepada petugas di lapangan, agar kegiatan berjalan lancar serta tidak ada pemilih yang kehilangan hak pilihnya”, pungkasnya. (*)

Panwaslu Kota Blitar Lantik 21 Pengawas Pemilihan Lapangan  
DPRD Kabupaten Blitar Bentuk Pansus Aset Jatilengger, 1,5 Bulan Harus Rampung  
ads by Google

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.