Pengambilan Sumpah Janji anggota PPL oleh ketua Panwaslu Kota Blitar

BERITABLITAR.COM – Pengawas Pemilihan Lapangan (PPL) yang akan bekerja di 21 kelurahan di Kota Blitar dilantik Panwaslu Kota Blitar di salah satu rumah makan Jalan Kalimantan Kota Blitar, Rabu (18/01/2018). Acara tersebut dihadiri Komisioner Panwaslu, Camat, Kapolsek, dan Danramil se Kota Blitar.

Koordinator Divisi SDM Organisasi, Mochlis Wibowo dalam sambutannya mengatakan, bahwa kegiatan tersebut merupakan amanah dari UU No.1 tahun 2014 tentang Pemilihan Gubernur,Bupati dan Walikota, Perbawaslu No.1 Tahun 2016 dan Peraturan Bawaslu No.7 Tahun 2015.

“Di setiap desa atau kelurahan PPL jumlahnya 1 orang. Dan yang merekrut sekarang adalah Panwaslu Kecamatan masing-masing. Jadi beda dengan dulu”, kata Mochlis Wibowo.

Lebih lanjut Mochlis Wibowo menjelaskan, bahwa nantinya, PPL merupakan ujung tombak di lapangan yang mempunyai tugas di tingkat kelurahan. Diantarnya mengawasi pelaksanaan pemutakhitran data pemilih berdasarkan data kependudukan dan penetapan daftar pemilih sementara, daftra pemilihhasil perbaikan dan daftar pemilih tetap. Juga mengawasi pelaksanaan kampanye, perlengkapan pemilu dan pendistribusianya serta pelaksanaan pemungutan suara dan proses penghitungan suara disetiap TPS.

“Selain melakukan pengawasan, tugas dan wewenang PPL juga menerima laporan dugaan pelanggaran terhadap tahapan penyelenggara pemilu oleh penyelenggara pemilu. Kemudian meneruskan temuan dan laporan kepada instansi yang berwenang”, jelasnya.

Pengambilan Sumpah Janji anggota PPL oleh ketua Panwaslu Kota Blitar

Mochlis menegaskan, seorang PPL haruslah tidak diskriminatif dalam menjalankan tugas. Dalam hal ini PPL juga mengemban fungsi sebagai pembinaan yaitu memberikan pembibingan teknis kepada pengawas TPS dan memberikan arahan dan menyediakan wadah konsultasi. Sebagai fungsi pengawasan. PPL mengawasi tugas-tugas penyelenggaraan pemilu oleh pengawas TPS dan mengawasi ketaatan anggota pengawas TPS terhadap ketentuan kode etik penyelenggara pemilu dan peraturan perundang-uandangan mengenai pemilu.

“Setelah pelantikan ini, kita akan langsung mengadakan pembekalan dan bimbingan tekhnis kepada mereka yang sudah dilantik. Tujuanya agar mereka lebih mengerti tugas-tugas dan wewenangnya, sehingga proses pelaksanaan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur 2018 akan lancar”, pungkas Mochlis. (*)

Razia Pelajar Bolos, Satpol PP Temukan Gambar Porno di Ponsel Pelajar  
Pemutakhiran Data Daftar Pemilih Pilgub Jatim 2018 Disosialisaskian
ads by Google

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.