Kasubag Humas Polres Blitar Kota, IPTU Sony S

BERITABLITAR.COM – Saat ini di wilayah hukum Polres Blitar Kota, marak terjadi aksi penipuan lewat online. Modus yang digunakan pelaku dengan mengirim pesan lewat aplikasi WhatsApp (WA) dengan mengubah foto profil untuk meminjam sejumlah uang kepada korban.

Kasubag Humas Polres Blitar Kota, IPTU Sony S mengatakan, kejadian tersebut telah dialami Anik Purwanti (34), ibu rumah tangga warga Desa Kemloko, Kecamatan Nglegok, Kabupaten Blitar. Korban telah ditipu orang yang mengaku temannya dan meminjam uang lewat pesan WA. Akibat kejadian tersebut, Anik merugi sekitar Rp 4,1 juta.

“Kejadian ini sudah diaporkan korban pada Minggu (14/01/2018) kemarin. Hingga saat ini kami masih menyelidiki kasusnya”, kata IPTU Sony S, Senin (15/01/2018).

Aksi penipuan tersebut, lanjut Sony, berawal saat korban menerima pesan WA dari nomor baru di ponselnya. Foto profil pada nomor WA yang mengirim pesan tersebut menggunakan foto temannya bernama Novi.

“Awalnya, pengirim pesan WA hanya menanyakan kabar ke korban. Selanjutnya pelaku mengirim pesan meminta tolong ke korban yang isinya meminjam sejumlah uang ke korban dengan alasan untuk menutup kekurangan pembelian mobil”, ungkap Sony.

Pelaku melalui pesan WA berniat meminjam uang ke korban Rp 4,3 juta. Namun saat itu korban hanya punya uang Rp 4,1 juta. Selanjutnya pelaku meminta korban mentransfer sejumlah uang yang diminta lewat rekening BRI atas nama Atik Suartika. Semula korban tidak merasa curiga, karena dia merasa kenal dengan foto profil di pesan WA tersebut..

“Setelah korban mentransfer sejumlah uang ke rekening yang diminta, korban merasa ragu. Selanjutnya, korban menanyakan kepada temannya yang lain apakah benar nomor yang mengirim pesan WA itu milik Novi. Ternyata temannya mengatakan nomor tersebut bukan miik Novi, hanya profil nomor WA saja yang menggunakan foto Novi”, tandasnya.

Untuk memastikannya, korban berusaha menemui Novi, namun saat bertemu, Novi merasa tidak pernah mengirim pesan ke Anik untuk meminjam uang. Dan nomor tersebut bukan milik Novi. Saat itu juga Anik baru sadar telah menjadi korban penipuan dan kejadian tersebut langsung dilaporkan ke polisi. Dan korban juga sudah melapor ke bank untuk memblokir rekening yang telah ditransfer sejumlah uang tersebut.

“Kami himbau kepada masyarakat agar lebih waspada dengan modus penipuan lewat online,” pungkas Kasubag Humas Polres Blitar Kota. (*)

3 Truk Terisolasi Berhasil Dievakuasi, 1 Truk Masih Tertimbun Longsor  
Kali Putih Longsor, 1 Truk Pencari Pasir Tertimbun 3 Truk Terisolasi  
ads by Google

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.