Anggota Komisi II DPRD Kabupaten Blitar, Mujib

BERITABLITAR.COM – Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Blitar mencatat, pada 2017 kemarin, ada 9 Organisasi Perangkat Daerah (OPD) penghasil yang tidak memenuhi target Pendapatan Asli Daerah (PAD). ( OPD tersebut kini mendapat perhatian DPRD Kabupaten Blitar.

Anggota Komisi II DPRD Kabupaten Blitar, Mujib sebagai mitra OPD penghasil PAD menyayangkan adanya potensi penghasil PAD yang sangat luar biasa, namun tidak tergarap. Dia mencontohkan, saat ini yang sedang menggeliat adalah dari sektor pariwisata. Namun ternyata pariwisata sendiri tidak berani menargetkan pendapatan lebih sesuai dengan potensi daerah. Selama ini menurut Mujib, naiknya pendapatan hanya berdasarkan asumsi.

“Kalau kemarin segini, tahun depan dinaikkan segini. Jadi hanya berdasarkan asumsi, tetapi tidak mendasari potensi yang ada di Kabupaten Blitar,” kata, Mujib, Senin (15/01/2018).

Tidak hanya di sektor pariwisata, lanjut Mujib, tetapi banyak yang kondisinya serupa yaitu masih banyaknya  potensi daerah yang bisa digali dan bisa meningkatkan Pendapan Asli Daerah (PAD). Seperti adanya galian C, yang dari dulu sudah sering disoroti karena sangat luar biasa potensinya di Kabupaten Blitar. Dimana pada galian C, di dalamnya ada batu kaulin, pasir besi yang mungkin belum digarap, dan pasir letusan gunung kelud yang setiap hari ribuan kubik yang keluar dari bumi Kabupaten Blitar.

“Samapai saat ini, semua itu tidak satupun menambah PAD. Mestinya bagaimana caranya agar regulasinya jelas, perizinan jelas, sehingga bisa dikenakan sebagai pajak galian C. Jadi ini kelihatannya terhenti, tidak ada peningkatan perubahan upaya-upaya yang lain bagaimana ini bisa dikelola dengan baik. Ini patut disayangkan”, tandas Mujib.

Kewajibanya sebagai anggota DPRD menurut Mujib, memberikan dukungan, bahkan siap diajak membuat regulasinya. Misalkan harus ada Perda yang diterbitkan untuk memayungi sebagai dasar landasan. Namun itu semuanya ada di eksekutif, bagaimana eksekutif punya terobosan dan upaya yang jelas.

“Semuanya tergantung eksekutif . Kita selalu siap jika sewaktu-waktu diajak membuat terobosan untuk meningkatkan PAD”, pungkas Mujib. (*)

3 Truk Terisolasi Berhasil Dievakuasi, 1 Truk Masih Tertimbun Longsor  
Kali Putih Longsor, 1 Truk Pencari Pasir Tertimbun 3 Truk Terisolasi  
ads by Google

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.