Truk pencari pasir yang terisolasi akhirnya berhasil dievakuasi

BERITABLITAR.COM, Gandusari – Anggota Polres Blitar dan Polsek Gandusari beserta Koramil Gandusari dengan dibantu warga, berhasil mengevakuasi 3 unit truk yang terisolasi akibat longsornya tebing sisi Timur Kali Putih Desa Sumberagung Kecamatan Gandusari Kabupaten Blitar, Minggu (14/01/2018) sekitar pukul 17.00 kemarin.

Menurut Kapolres Blitar, AKBP Samet Waloya, proses evakuasi 3 unit truk yang terjebak di sisi Utara longsoran tersebut dilaksanakan, Senin (15/01/2018) mulai pukul 07.30 sampai 11.00 atau selama 3,5 jam , dengan membuatkan jalan di atas material longsoran dengan cara manual.

“Proses evakuasi hanya dapat dilakukan secara manual, karena lokasi longsoran dengan akses masuk ke sungai cukup jauh sekitar 1,5 kilometer”, kata Slamet Waloya, Senin (15/01/2018).

Sementara ketiga truk yang berhasil dievakuasi diantarnya, truk nopol AG 8657 UL asal Kendalrejo Kecamatan Talun Kabupaten Blitar, truk nopol AE 8000 UV asal Kabupaten Ponorogo, dan truk nopol AG 9618 UJ asal Kecamatan Garum Kabupaten Blitar. Sementara 1unit truk yang tertimbun longsoran belum bisa dievakuasi, karena membutuhkan tenaga lebih banyak dan waktu yang lebih lama.

“Tiga unit truk yang terisolasi berhasil dievakuasi. Namun 1 unit truk yang tertimbun longsoran masih belum bisa dilakukan, karena hanya bisa dilakukan secara manual dan membutuhkan waktu lama juga tenaga lebih banyak”, jelas Slamet Waloya.

Sebelumnya diberitakan, Minggu (14/01/2018) sekitar pukul 17.00, tebing sisi Timur Kali Putih Desa Sumberagung Kecamatan Gandusari Kabupaten Blitar longsor. Dan longsoran dengan ketinggian sekitar 50 meter dan lebar sekitar 30 meter tersebut, mengakibatkan 1 unit truk tertimbun dan 3 unit truk terjebak tidak bisa keluar dari lokasi.

Kejadian tersebut berawal saat saksi yaitu, Yuliantoro (sopir), Yudi Santoso (kuli muat pasir), Imam (kuli muat pasir), ketiganya warga RT. 02 RW. 04 Desa Modangan Kecamatan Nglegok Kabupaten Blitar, mencari pasir di Kali Putih tiba-tiba tebing sisi Timur sungai mengalami longsor dengan skala kecil. Namun beberapa saat kemudian terjadi longsor susulan yang lebih besar dan mengakibatkan 1 unit truk tertimbun longsoran.

Pada saat bersamaan, di sisi Utara sungai ada 3 unit truk yang sedang mencari pasir, sehingga ketiga truk tersebut tidak bisa keluar dari lokasi karena bahu sungai tertutup longsoran dan terisolasi. (*)

Di Kota Blitar Ratusan Tempat Kos Belum Berizin  
Waspada !!! Di Blitar Marak Modus Penipuan Lewat Pesan WA
ads by Google

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.