Kepala BNN Kabupaten Blitar, Agustianto memantau langsung pelaksanaan tes urine kepada para penghuni Lapas (napi)

BERITABLITAR.COM – Tim gabungan BNN Kabupaten Blitar, Polri, TNI dan petugas Lapas, menggelar tes urine kepada para penghuni Lapas (napi), Selasa (09/01/2018). Ini dilakukan untuk mengetahui adanya peredaran narkoba di Lapas Kelas II B Blitar.

Kegiatan yang dimulai pukul 18.00 hingga pukul 20.00 tersebut, diawali apel sekitar seratus lebih personil anggota BNN, Petugas Lapas, TNI dan Polri. Selanjutnya dilakukan  pengecekan di setiap kamar tahanan untuk mencari narkoba yang mungkin disembunyikan, dan dilanjutkan tes urin yang dilakukan secara acak.

“Kita akui perang melawan narkoba itu sulit. Seperti kita tahu pecandu narkoba rela mengorbankan nyawanya demi bisa mengonsumsi narkoba. Maka dari itu kita bekerjasama dengan BNN dan Polri.”, kata Kepala Lapas Kelas IIB Blitar, Rudi Sarjono kepada beritablitar.com, usai tes urine.

Tercatat di Lapas Kelas II B Blitar ini, jumlah keseluruhan napi dan tahanan ada 364 orang. Sedangkan kasus narkoba terdiri dari 51 napi narkoba dan 15 tahanan kasus narkoba.

“Silahkan BNN mengecek napi kami. Apabila ditemukan yang positif kita langsung serahkan kepada penyidik BNN dan Polri”, jelas Rudi Sarjono.

Sementara Kepala BNN Kabupaten Blitar AKBP Agustianto mengatakan, kegiatan ini bukanlah merupakan pencitraan. Namun sesuai dengan perintah Presiden Joko Widodo agar membangun kesinergian dalam memerangi narkoba.

“Perang terhadap narkoba ini bisa efektif dilakukan, karena tidak ada sikap egosektor. Kita ucapkan terima kasih kepada semua anggota gabungan”, ucap Agustianto.

Dari para napi tersebut 42 napi smelakukan tesurine dan diambil secara acak sebagai sampel. Dan hasil tes urin kali ini negatif. Selain itu petugas juga tidak menemukan adanya sabu-sabu

“Kita ambil 40 orang napi secara antara penghuni yang baru dan yang lama, juga ada yang binaan pindahan dari luar kota, untuk sampel. Hasilnya semua negatif”, tandasnya.

Melihat keterbukaan lapas, Kepala BNN Kabupaten Blitar berharap, jika kegiatan ini bisa dijadikan agenda rutin.

“Kegiatan ini bisa menjadi agenda rutin sebagai upaya memerangi narkoba”, pungkas Kepala BNN Kabupaten Blitar. (*)

Pelajar SMP Terjun Ke Sungai Belum Ditemukan
Kepergok Merokok Di Sekolah, Pelajar SMP Nekat Terjun ke Sungai  
ads by Google

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.