Polisi menunjukan badan jalan penghubung dusun Manukan dengan dusun Sugihan Desa Pojok, Kecamatan Garum, Kabupaten Blitar yang longsor akibat diguyur hujan.

BERITABLITAR, Garum – Polisi memasang garis polisi dan menutup total akses jalan yang menghubungkan dusun Manukan dengan dusun Sugihan Desa Pojok, Kecamatan Garum, Kabupaten Blitar. Itu dilakukan setelah kejadian longsornya akses jalan yang menghubungkan ke dua dusun tersebut, akibat diguyur hujan lebat, Sabtu (06/01/2018) kemarin.

Pemasangan rambu larangan melintas dan pemasangan garis polisi tersebut, untuk mencegah terjadinya hal yang tidak diinginkan. Karena disekitar lokasi longsoran tersebut, terdapat rekahan tanah yang sewaktu-waktu bisa longsor.

“Untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan, kita memasang police line serta rambu larangan melintas”, kata Kapolres Blitar AKBP Slamet Waloya kepada beritablitar.com, Senin (08/01/2018).

Polisi mamasang police line dan rambu larangan melintas di lokasi longsornya badan jalan penghubung dusun Manukan dengan dusun Sugihan Desa Pojok, Kecamatan Garum

Akibat hujan lebat selama hampir 4 jam, lanjut Slamet Waloya, mengakibatkan tanah penyangga jalan terkikis arus sungai yang deras. Sehingga badan jalan penghubung dua dusun di Desa Pojok sepanjang 3 meter, lebar 8 meter, dan tinggi 10 meter tersebut ambles.

Kapolres Blitar, AKBP Slamet Waloya meninjau lokasi longsoran

“Penyebab ambles badan jalan tersebut, karena sebelumnya terjadi hujan lebat hampir 4 jam, sehingga tanah penyangga jalan terkikis aliran sungai yang mengakibatkan longsor. Dikhawatirkan, jika hujan lagi akan terjadi longsor susulan, karena kondisi tanah sekitar lokasi longsor terdapat rekahan”, tandas Slamet Waloya.

Hingga saat ini aktivitas warga menjadi terganggu. Selain ada larangan, mereka juga tidak berani melintasi dan melakukan kegiatan di sawah yang dekat dengan lokasi longsor, karena khawatir akan terjadi longsor susulan. Bahkan warga setempat harus memutar hingga 10 sampai 15 kilometer.(*)

Pohon Trembesi Tumbang Timpa Teras Warga
Tebing Longsor, Putus Akses Jalan Desa Gadungan
ads by Google

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.