Jalan penghubung dusun Manukan dengan dusun Sugihan Desa Pojok, Kecamatan Garum ambrol akibat diguyur hujan lebat

BERTABLITAR.COM, Garum – Akibat diguyur hujan lebat, Sabtu (06/01/2018), akses jalan yang menghubungkan dusun Manukan dengan dusun Sugihan Desa Pojok, Kecamatan Garum, Kabupaten Blitar, Jawa Timur longsor hingga separo badan jalan, dan terancam putus.

Kejadian amblesnya jalan penghubung dusun Manukan dengan dusun Sugihan Desa Pojok sepanjang 3 meter, lebar 8 meter, dan tinggi 10 meter tersebut, akibat hujan lebat selama hampir 4 jam, dan tanah penyangga jalan terkikis aliran sungai yang deras.

“Akibat longsor, membuat kondisi tanah sekitar terdapat rekahan, dan jika curah hujan tinggi akan rawan terjadi longsor susulan”, kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Blitar, Heru Irawan kepada beritablitar.com, Minggu (07/01/2018).

Akibat kejadian tersebut, Kapolsek Garum, AKP  bersama anggota, Minggu (07/01/2018) sekitar pukul 07.00, langsung mendatangi tempat kejadian, dan langsung koordinasi dengan Kepala Desa Pojok, Handoko dan Kasun Sugihan, Hari P, dan memasang garis polisi.

“Kami sudah koordinasi dengan Kades Pojok dan Kasun Sugihan, agar segera melaporkan kejadian ini ke Dinas PU untuk dilakukan perbaikan. Selain itu kami juga memasang garis polisi dan menutup total jalan tersebut”, kata AKP Rusmin kepada beritablitar.com.

Kapolsek Garum juga menghimbau kepada warga sekitar, apabila hujan dilarang mendekat tempat terjadinya longsor tersebut.

“Kami himbau kepada warga agar tidak mendekat TKP, jika hujan. Selain itu kami juga memberi tahu kepada warga yang melintas. Dan apabila terjadi longsor susulan, agar seger melapor ke Polsek”, tandas Rusmin. (*)

Tebing Longsor, Putus Akses Jalan Desa Gadungan
Tanggul Kali Unut dan Bogel Berpotensi Jebol  
ads by Google

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.