Debit air sungai Berantas mengalami kenaikan, kegiatan penyeberangan perahu di Desa Kunir Kecamatan Wonodadi, Kabupaten Blitar tetap berlangsung.

BERITABLITAR.COM, Wonodadi – Bagi masyarakat yang ingin menggunakan jasa perahu tambangan agar berhati-hati. Pasalnya, sejak Sabtu hingga Minggu kemarin (07/01/2018) debit air Sungai Berantas mengalami kenaikan.

Informasi yang dihimpun beritablitar.com, beberapa perahu tambangan yang berukuran kecil terpaksa tidak beroperasi, karena kenaikan air mencapai 1 meter. Air sungai naik hingga ke bagian atas dermaga penyebrangan sungai ini.

Seorang awak perahu tambang di Desa Kunir, Kecamatan Wonodadi, Kabupaten Blitar, Jatim Budiman mengatakan, sejak Sabtu sore, tepatnya paska hujan deras, air mulai naik secara perlahan, hingga Minggu pagi kemarin, hingga mencapai bagian atas dermaga.

“Kalo hujan, ya biasanya air naik. Karena perahu ukuran besar, jadi tidak masalah tetap beroperasi,” ujar pria asli Desa Kunir ini kepada beritablitar.com.

Beberapa perahu tambangan, lanjut dia, terutama yang perahunya kecil, memilih untuk tidak beroperasi, daripada beresiko bagi pengguna jasa perahu tambang. “Kalo air naik kayak gini, biasanya yang berani jalan hanya yang besar, yang kecil tidak jalan,” akunya.

Sedangkan Ambarwati, salah satu pengguna jasa perahu penyebrangan di Desa Kunir mengaku tidak takut, selama pihak perahu tetap jalan. Karena kalau masih  tetap jalan, berarti kenaikan air belum diambang batas normal.

“Kalau kendaraan sudah tidak bisa masuk perahu, karena air di atas dermaga baru perahu berhenti operasi,” bebernya. (*)

Satu Rumah Satu Jumantik Turunkan Kasus DBD
Dua Ibu Rumah Tangga Curi Padi Baru Dipanen  
ads by Google

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.