Kondisi air sungai meluap sampai di atas sabo dam Kali Putih di Desa Sumberagung, Kecamatan Gandusari, Kabupaten Blitar. (Foto : Saputra Arga ICB)

BERITABLITAR.COM, Gandusari – Hujan deras yang mengguyur wilayah Blitar membuat debit air Kali Putih di Desa Sumberagung, Kecamatan Gandusari, Kabupaten Blitar bertambah, Sabtu (06/01/2018). Kondisi air sungai meluap sampai di atas sabo dam yang berada di wilayah itu.

Akibatnya, kendaraan yang biasa lewat di sabo dam untuk sementara dialihkan. Kendaraan dari arah Sidodadi, Garum, yang hendak ke wilayah Wlingi, harus memutar lewat Talun.

“Sabo dam-nya ditutup, sungainya banjir, airnya sampai di atas sabo dam,” kata Juariyah, salah satu pengendara sepeda motor.

Juariyah baru dari Sidodadi, Garum, hendak pulang ke Wlingi. Sampai di sabo dam Kali Putih, dia tidak bisa lewat karena banjir. Ibu dua anak ini harus memutar lewat Talun.

Sekadar diketahui, sabo dam di Desa Sumberagung, Kecamatan Gandusari selama ini menjadi akses kendaraan bagi warga. Jalur tersebut merupakan jalur alternatif dari Wlingi menuju ke Garum maupun Nglegok. Arus lalu lintas di kawasan itu lumayan padat.

Saat hujan deras, air sungai sering meluap hingga merendam sabo dam. Makanya, BPBD Kabupaten Blitar memasang papan peringatan di lokasi. Selain itu, Kali putih juga merupakan aliran lahar dari Gunung Kelud. (*)

Dua Ibu Rumah Tangga Curi Padi Baru Dipanen  
Horeee… Tahun Ini, Siswa SMA Kurang Mampu Dapat Bantuan Rp 2,8 Juta
ads by Google

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.