Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II B Blitar

Berita Blitar – Kamis (28/12) lalu, mantan Bendahara KPU Kabupaen Blitar 2014 Teguh Sujahja resmi ditahan jaksa. Pria yang kini menjadi staf di KPU Kabupaten Blitar ini, diduga ikut serta membantu Sekretaris KPU saat itu, yakni Eko Budoyo melakukan penyelewengan anggaran hibah dari Pemkab Blitar untuk Pemilu 2014.

Hingga akhirnya, paska dilakukan penelitian oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) ditemukan adanya anggaran Rp 1,7 milyar yang tidak bisa dipertanggungjawabkan dan tidak laporan pertanggungjawaban.

“Teguh sebenarnya sudah ditetapkan sebagai tersangka sejak 6 bulanyang lalu. Saat menjadi saksi dalam sidang In Absencia Eko Budoyo, dia sudah menjadi tersangka. Karena jaksa masih memperdalam bukti, saat itu belum ditahan. Kemudian pada Kamis (28/12) langsung ditahan saat berkasnya lengkap,” jelas Kepala Kejaksaan Negeri (kajari) Blitar M. Amrullah melalui Kepala Seksi (Kasi) Intelijen Syafi Hadar.

Petimbangan Kejari Blitar memutuskan untuk menahan tersangka ini adalah, penemuan dugaan adanya pencairan dana melalui bendahara, atas perintah Sekretaris KPU saat itu yaitu Eko Budoyo. “Bahkan kasus ini harus mendapat pemeriksaan khusus ahli dari BPK. Setelah itu, baru dipastikan adanya kerugian negara hingga Rp 1,7 milyar,” ujar Syafi.

Tersangka ini, lanjut Syafi, ikut serta dan membantu melakukan tindakan pidana korupsi (Tipikor), dan diduga ikut menikmati dan memperkaya diri sendiri dengan uang tersebut. Karena uang milyaran rupiah tersebut tidak ada surat pertanggungjawaban dan tidak ada laporan pertanggungjawabannya. “Dari hasil pemeriksaan BPK, memang yang mengetahui proses pencairan uang tersebut adalah sekretaris Eko Budoyo dan Bendahara Teguh Sujahja ini,” beber jaksa asli Pulau Madura ini.

Terkait pengembangan, kemungkinan adanya tersangka lain dalam kasus ini, Syafi menegaskan, tergantung pada hasil dan fakta dalam persidangan. Kalau memang ada yang terkait dengan kasus penyimpangan uang hibah tersebut, maka bisa jadi jaksa bakal kembali menetapkan tersangka ke tiga. “Saat ini jaksa sedang meminta keterangan ahli dari BPK, proses pemberkarsan juga terus dilakukan untuk proses dakwaan,”

Sebelumnya diberitakan, mantan Bendahara Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Blitar Teguh Sutjahja ditahan oleh Kejaksaan Negeri (Kejari) Blitar. Pria ini diduga ikut membantu mantan Sekretaris KPU Eko Budoyo yang tersangkut kasus tindak pidana korupsi (Tipikor) penyimpangan penggunaan anggaran pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2013 dan 2014.

Sekitar pukul 09.00 tersangka Teguh Sujahja dipanggil dan datang di Kejari Blitar dan kemudian diperiksa oleh ruang Kepala Seksi (Kasi) Pidana Khusus (Pidsus). Hingga pukul 11.00 pemeriksaan selesai, dan Kepala Kejari (Kajari) Blitar langsung menerbitkan surat penahanan. Kemudian pukul 11.40 Kasi Pidsus Amirudin bersama dua oleng staf membawa tersangka ke Puskesmas Karanglo Blitar untuk dicek kesehatannya. Pukul 12.00 cek kesehatan selelsai dan dinyatakan sehat, kemudian langsung dititipkan di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II B Blitar. (*)

Wawali Santoso Dukung HAB Kemenag ke-72  
APBD Disetujui Gubernur, Dewan Minta Pemkot Langsung Tancap Gas  
ads by Google

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.