DPMD Pastikan 220 Desa Sudah Terapkan Aplikasi Siskeudes

Berita Blitar – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Blita memastikan, seluruh desa yang ada di Kabupaten Blitar sudah menerapkan aplikasi Sistem Keuangan Desa (Siskeudes). Mesi sebelumnya sempat mengalami kesulitan menggunakan aplikasi tersebut.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Blitar, Mujianto mengatakan, untuk laporan keuangan desa, sebelumnya banyak desa yang belum bisa menerapkan aplikasi Sisten Keuangan Desa (Siskeudes). Bahkan pada bulan November 2017 lalu, masih 2 desa yang menerapkan aplikasi Siskeudes.

“November 2017 kemarin, banyak desa yang masih kesulitan menggunakan aplikasi ini. Bahkan terhitung masih 2 desa yang mampu menggunakannya”, kata Mujianto, Selasa (02/01/2018).

Mujianto memastikan, namun untuk saat ini semua desa yang ada di Kabupaten Blitar sudah menerapkan Siskeudes sejak akhir tahun 2017, dan sudah mulai mengirimkan laporan melalui Siskeudes. Saat ini pihaknya tengah melakukan pengawasan untuk pelaksanaan Siskeudes karena rawan terjadi trouble sistem.

“Meski 220 desa kita pastikan sudah mampu menggunakannya, tetapi kita tetap melakukan pengawasan karena sering terjadi troble”, tandas Mujianto.

Dijelaskan Mujianto, aplikasi Siskeudes merupakan anjuran dari KPK. Dan untuk mengindari penyelewengan pelaporan keuangan di desa, pihaknya akan berupaya agar semua desa dapat menggunakan Siskeudes.

“Ini tentunya anjuran dari KPK agar pelaporan penggunaan anggaran bisa terhindar dari penyelewengan”, pungkas Kepala DPMD Kabupaten Blitar. (*)

Dewan Minta Sepeda Para Siswa SMP Ber Plat Nomor  
Pabrik Gula Rejoso Bakal Dibangun Awal Bulan Ini  
ads by Google

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.