Antrian panjang warga yang akan mengurus dokumen kependudukan di Kantor Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Blitar

Berita Blitar – Masyarakat yang akan mengurus dokumen kependudukan, mengeluhkan pelayanan di Kantor Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Blitar. Warga rata-rata mengeluhkan terkait antrian yang terlalu panjang, serta pemberian nomer antrian yang sudah habis ketika mereka datang ke kantor Dispendukcapil. Bahkan ada keluhan, bahwa mereka harus mengantri sejak dinihari jika ingin mendapatkan nomor antrian.

Budiono, salah satu warga yang akan mengurus e-KTP mengaku, jika dirinya sudah mengantri sejak pukul 07.00 pagi, namun dirinya mendapat nomor antrian 250. “Saya aja yang mengantri sejak jam 7 pagi, sudah mendapatkan nomor antrian 250. Bagaimana dengan yang antri jam 9 pagi”, kata Budiono kepada wartawan, Jumat (29/12/2017).

Menanggapi keluhan masyarakat Kepala Dispendukcapil Kabupaten Blitar Eko Budi Winarso mengatakan, kesadaran masyarakat Kabupaten Blitar untuk mengurus dokumen kependudukan semakin meningkat. Sehingga banyak warga datang secara bersamaan yang menyebabkan antrian. Namun pihaknya membantah, jika ada yang membagikan nomor antrian di luar jam kerja Dispendukcapil.

“Nomor antrian diberikan sesuai jam kerja kantor Dispendukcapil. Biasanya jam 7.30 wib setelah apel pagi baru dibagikan. Tidak mungkin jika ada yang bilang jam 02.00 wib sudah pada antri dan jam 05.00 wib nomor antrian sudah habis”, bantah Eko Budi Winarso.

Lebih lanjut Eko Budi Winarso menyampaikan, dengan semakin banyaknya masyarakat yang mengurus dokumen kependudukan, masyarakat juga harus memahami kekurangan petugas Dispendukcapil untuk melakukan pelayanan.

“Tidak mungkin kita melayani seluruh warga Kabupaten Blitar tanpa ada kendala. Pastinya ada berbagai kendala yang kami hadapi. Termasuk keluhan-keluhan seperti ini. Yang pasti petugas Dispendukcapil sudah melakukan pelayanan secara maksimal”, tegas Eko Budi Winarso.

Eko Budi Winarso menambahkan, ke depannya untuk meminimalisir antrian di kantor Dispendukcapil, pihaknya akan segera memecah pelayanan. Terutama untuk pelayanan rekam-cetak e-KTP.

“Nanti akan coba kita pecah pelayanan, terutama untuk rekam dan cetak e-KTP dibeberapa kecamatan yang sudah pernah dilakukan uji coba”, pungkas Kepala Dispendukcapil Kabupaten Blitar. (*)

Lomba Panjat Paralon Awali Tahun Baru
Pemkot Blitar Mutasi Sejumlah Pejabat Eselon III Dan IV  
ads by Google

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.