Ketua DPRD Kabupaten Blitar, Suwito Saren Satoto dan Bupati Blitar, Rijanto menandatangani beberapa Perda salah satunya penetapan Perda Minol

 

Berita Blitar – Di penghujung tahun 2017, DPRD Kabupaten Blitar menggelar rapat paripurna dengan beberapa agenda. Satu diantaranya adalah menetapkan Rancangan Perda (Raperda) tentang Pengawasan dan Pengendalian Minuman Beralkohol (Minol) menjadi Perda, Kamis (28/12/2017).

Ada 4 agenda dalam rapat paripurna kali ini, yaitu Penetapan Perda tentang pengawasan dan pengendalian minol, penyampaian laporan pembahasan Raperda Komisi I tentang bantuan hukum terhadap masyarakat miskin, penyampaian laporan pembahasan Ranperda Komisi I tentang penyelenggaraan jalan daerah (jalan Kabupaten), dan

Pembacaan susunan kepengurusan Fraksi PKB masa keanggotaan 2014 -2019.

“Perda tentang minol kan sudah ditetapkan karena sudah dievaluasi oleh Gubernur Jawa Timur. Tetapi untuk 2 Perda inisiatif dari Komisi I dan III masih harus dikirim ke Provinsi untuk dievaluasi”, kata Ketua DPRD Kabupaten Blitar, Suwito Saren Satoto kepada wartawan usai paripurna, Kamis (28/12/2017).

Sementara, Ketua Pansus Perda Pengawasan dan Pengendalian Minol DPRD Kabupaten Blitar, Wasis Kunto Atmojo mengatakan, meskipun sempat mengalami penundaan pada tahapan pembuatan Perda tersebut, namun akhirnya bisa diatasi dan disahkan.

Wasis Kunto Atmojo berharap, dengan disahkannya Perda tersebut, bisa menjadi payung hukum yang kuat. Selain itu, eksekutif  baik Satpol PP maupun lainnya bisa menjalankan kewajibannya dengan sebaik-baiknya.

“Saya berharap kepada eksekutif untuk segera melakukan sosialisasi terhadap perda ini. Agar masyarakat mengetahui bahwa sekarang Kaupaten Blitar sudah mempunyai Perda tentang pengendalian dan pengawasan minol”, tandas Wasis.

Lebih lanjut Wasis menjelaskan, pada intinya Perda ini mengatur jenis minol dan tempat beredarnya minol yang diperbolehkan. Namun yang dikendalikan dan diawasi hanya minol yang resmi atau legal.

“Saat ini tinggal nunggu nomor registrasi dari Provinai Jawa Timur dan tinggal diterapkan”, ibuh Ketua Pansus Perda Pengawasan dan Pengendalian Minol DPRD Kabupaten Blitar.

Di tempat yang sama, Bupati Blitar, Rijanto dalam menanggapi penetapan Perda ini, menyatakan, dengan ditetapkannya Perda tersebut, maka Pemkab bisa menyelamatkan generasi muda saat ini, karena peredarannya sudah dibatasi.

“Dengan ditetapkannya Perda Minal, itu artinya kita bisa menyelamatkan generasi muda”, ungkap Bupati Blitar. (*)

Pembangunan Jembatan di 3 Lokasi Belum Selesai  
Bayi Laki-Laki Ditemukan Mengapung di Kali Brantas  
ads by Google

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.